Alat nebulizer Omron merupakan jenis alat bantu pernapasan berupa inhaler yang bekerja dengan mengubah obat cair yang dimasukkan dalam alat menjadi uap lalu dihubungkan dengan saluran pernapasan. Pada penderita gangguan pernapasan seperti asma, nebulizer merupakan alat yang sangat dibutuhkan. Namun ternyata, alat ini juga memiliki fungsi lain yakni membantu meredakan batuk pada pasien. Gangguan batuk sendiri sangat umum terjadi di Indonesia. Bukan hanya menyerang anak-anak, melainkan juga orang dewasa.

 

Cara Mengatasi Batuk Secara Alami

Tentu akan sangat merisihkan bukan jika aktivitas yang harusnya berjalan baik justru terganggu karena adanya batuk? Simak penjelasan berikut ini untuk meredakan batuk secara alami.

  1. Air Garam

Bahan alami pertama dan juga mudah ditemukan disekitar adalah air garam. Cara tradisional ini memang sudah turun temurun bagi masyarakat Indonesia.

 

Dengan ¼ atau ½ sendok teh garam yang dicampurkan dengan 250ml air hangat, pasien batuk bisa menggunakannya untuk berkumur. Sebagai air kumur, air garam ini tidaklah boleh ditelan.

 

  1. Madu

Madu dikenal dengan sejuta manfaatnya bagi kesehatan mahluk hidup, termasuk meredakan batuk secara alami. Dalam sebuah jurnal dari Canadian Family Physician, madu terbukti mengandung zat analgesik yang membantu mempercepat gangguan batuk jika dikonsumsi secara rutin.

 

Dengan mengonsumsi madu 1 sendok teh setiap hari secara langsung atau mencampurnya dengan air hangat, batuk berdahak ataupun batuk kering akan berkurang.

 

  1. Jahe

Jahe adalah salah satu tanaman obat keluarga yang wajib dimiliki. Diberbagai moment, jahe terbukti banyak membantu dalam mempertahankan kesehatan individu.

 

Jahe memiliki kelebihan dalam meningkatkan imun tubuh sehingga daya tahan akan semakin kuat dalam melawan infeksi dari luar tubuh, termasuk melawan gangguan batuk.

 

Dengan jahe, tenggorokan juga akan lebih hangat dan nyaman. Pengonsumsian dengan campuran teh, lemon, madu, ataupun susu juga sangat diperbolehkan.

 

  1. Bawang Putih

Siapa yang sangka jika rempah rumah ini bisa menjadi obat yang sangat ampuh dalam melawan batuk.

 

Bawang putih memiliki sifat antimikroba yang menyebabkan ia lebih sensitive pada adanya infeksi ataupun iritasi. Dengan kandungan senyawa allicin, bawang putih akan membasmi bakteri dan virus yang menyerang tubuh.

 

Cara konsumsi bawang putih dalam meredakan batuk adalah dengan mencampurnya kedalam madu ataupun teh. Dengan resep minum 2x dalam sehari.

 

  1. Sari Cuka Apel

Cuka apel memiliki kandungan antibakteri sehingga seringkali dimanfaatkan untuk meredakan batuk. Dengan cuka apel, lendir akan luruh dan bakteri akan mati sehingga pernapasan terbebas dari batuk.

 

Cara konsumsinya yakni sari cuka apel dicairkan kedalam segelas air putih. Gunakan campuran ini untuk berkumur sehingga bakteri akan perlahan mati.

Itu tadi 5 cara mudah yang dapat dilakukan untuk mengatasi batuk yang Anda derita. Semoga bermanfaat.

 

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.