Meskipun bukan penyakit yang berbahaya, namun serangan diare memang sangat mengganggu aktivitas. Diantaranya adalah membuat Kamu menjadi lemas dan juga sekali-kali harus buang air besar.

 

Sehingga otomatis akan memicu rasa yang kurang nyaman bukan, apalagi ketika sedang bekerja. Bahkan dalam kondisi tertentu jika dibiarkan ia akan berubah menjadi diare kronis, inilah yang sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan komplikasi serius pada kesehatan Kamu.

 

Serangan diare ini sendiri pada dasarnya dapat dipicu oleh berbagai faktor, selain dari infeksi bakteri dan juga parasit, bisa jadi karena pola makan Kamu juga. Terlalu banyak mengonsumsi makanan penyebab penyakit diare seperti diantaranya adalah:

 

  1. Susu dan produk olahannya, memang tidak semua orang, namun sebagian diantaranya memang punya kecenderungan terhadap intoleransi laktosa, dimana hal ini disebabkan oleh tubuh yang tidak punya enzim laktase yang digunakan untuk memecah gula tersebut. Akibatnya membuat mereka menjadi diare setiap mengkonsumsi susu maupun produk olahannya. Kondisi semacam ini paling sering dialami oleh anak-anak, namun akan hilang dengan sendirinya seiring dengan pertambahan usia.
  2. Makanan pedas, dewasa ini semakin banyak orang yang gemar mengkonsumsi makanan dengan cita rasa pedas. Apalagi faktanya juga makanan pedas juga membantu untuk meningkatkan nafsu makan. Namun jika jumlah yang dikonsumsi berlebihan, juga melebihi tingkat toleransi Kamu maka sudah pasti berbahaya bagi kesehatan. Karena sudah pasti ia akan memicu gangguan yang cukup serius, termasuk diantaranya adalah diare.
  3. Makanan maupun minuman dengan kandungan kafein, entah itu kopi atau produk olahan yang mengandung kafein layaknya cokelat juga bisa jadi faktor penyebab diare. Hal ini dikarenakan dalam kopi ini sebenarnya juga terdapat efek pencahar yang akan membuat Kamu bolak-balik buang air besar. Ia nantinya dapat merangsang usus untuk buang air karena senyawa kimia yang ada didalamnya.
  4. Bawang putih hingga bawang bombay, keduanya termasuk dalam bumbu penting dalam sebuah hidangan, dimana akan membuat cita rasa masakan nantinya juga semakin nikmat. Hanya saja juga patut untuk diketahui bahwa kedua jenis bawang tersebut mengandung sebuah zat yang dikenal sebagai fruktan. Dimana ia termasuk dalam karbohidrat sulit dicerna oleh tubuh, kandungan serat yang ada didalamnya juga tergolong jenis serat tidak larut, sehingga membuat makanan langsung lewat sistem pencernaan.
  5. Brokoli dan kembang kol, keduanya termasuk sayuran favorit banyak orang, apalagi dapat dibuat menjadi beragam jenis olahan yang menggugah selera. Hanya saja beberapa senyawa didalamnya membuat sistem pencernaan kesulitan untuk memprosesnya. Sehingga dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari sembelit sampai diare.
  6. Makanan cepat saji, hidangan yang paling praktis dan banyak dipilih untuk dikonsumsi ketika sedang sibuk, namun tahukah Kamu, bahwa jenis makanan semacam ini kaya akan kandungan lemak jenuh serta lemak trans yang bisa memicu munculnya diare.
  7. Alkohol, bukan sebuah rahasia lagi jika alkohol dapat menyebabkan diare keesokan harinya setelah dikonsumsi, khususnya adalah alkohol dengan jenis bir dan juga anggur.

 

Itulah daftar makanan yang bisa jadi penyebab penyakit diare yang patut untuk diwaspadai. Penyakit yang menyerang sistem pencernaan ini pada dasarnya akan sangat berbahaya jika seandainya tidak ditangani dengan tepat. Karena ia dapat memicu kondisi dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Dalam kondisi inilah tubuh akan mengalami lemas bahkan juga komplikasi serius dapat terjadi.

Sumber:

Website Diarepedia

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.